Informasi pendidikan – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama dengan Komisi X DPR RI menggelar Rapat Kerja di Gedung Nusantara, Jakarta pada tanggal 3 April. Rapat tersebut membahas tiga isu utama dalam dunia pendidikan yang tengah hangat diperbincangkan. Isu-isu tersebut meliputi program Ferienjob dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), peran Pramuka dalam Kurikulum Merdeka, serta perkembangan seleksi guru Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK).
Dalam pertemuan tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, menegaskan bahwa Ferienjob bukan bagian dari program magang MBKM. Dia menjelaskan bahwa program magang MBKM harus terkait dengan pembelajaran yang memperkuat kompetensi mahasiswa sesuai dengan program studinya, serta mengembangkan keterampilan keras dan lunak. Sebaliknya, Ferienjob merupakan program kerja di masa libur resmi di Jerman yang tidak berkontribusi pada pengalaman budaya atau keterampilan bahasa. Kemendikbudristek telah mengeluarkan Surat Edaran untuk menghentikan program Ferienjob bagi perguruan tinggi Indonesia dan memastikan hak mahasiswa terpenuhi.
Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Anindito Aditomo, menegaskan bahwa tidak ada penghapusan Pramuka dalam Kurikulum Merdeka. Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 tetap memasukkan Pramuka sebagai salah satu ekstrakurikuler. Kurikulum Merdeka mendorong murid untuk memilih ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan potensi mereka, termasuk Pramuka. Kemendikbudristek telah berdiskusi dengan Kwartir Nasional untuk mengintegrasikan pendidikan kepramukaan ke dalam Kurikulum Merdeka.
Terkait dengan seleksi guru ASN PPPK, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani, menyampaikan bahwa Kemendikbudristek berupaya memenuhi kebutuhan guru yang berkualitas secara tepat waktu. Sebanyak 774.999 guru telah diangkat menjadi ASN, tetapi masih ada kekurangan sekitar 242 ribu formasi. Kemendikbudristek telah melakukan rapat koordinasi dengan instansi daerah untuk mengusulkan penuntasan guru P1 dan formasi pengawas serta tenaga kependidikan. Upaya terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan guru di seluruh Indonesia.
Artikel ini membahas tanggapan dan langkah-langkah yang diambil oleh Kemendikbudristek terkait isu-isu penting dalam dunia pendidikan yang dibahas dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI. Dengan demikian, langkah-langkah tersebut mencakup upaya untuk menjaga kualitas pendidikan dan kesejahteraan guru, serta memastikan keberlanjutan program-program pendidikan yang telah dirancang.